gogogo!!! semanya gabung aja, di jamin ga bakal nyesel! yang pentig punya paypal
| More

Kamis, 18 Maret 2010

upgrade RAM laptop, bagian 1


Merasa laptop kamu lemot dan bikin sebal karena  harus menunggu loading yang lama??? Tambahin dunk kapasitas RAM nya. RAM merupakan singkatan dari Random Memory Access, yaitu jenis memori yang bersifat volatile (dapat ditambah, diubah dan dihapus). Kebalikannya adalah ROM (Read Only Memory) yang bersifat non-volatile atau tidak dapat ditambah, diubah maupun dihapus. Dikatakan volatile karena setelah komputer direstart misalnya, data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Sementara, data dalam ROM masih tetap tersimpan.
Pada sebuah komputer, memori RAM ini berfungsi sebagai penampung data (dalam bentuk file) untuk diproses oleh prosesor (CPU). Jadi, pada dasarnya semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat sebuah proses dilakukan karena prosesor dapat memproses lebih banyak data apabila diperlukan. Githu lho sejarahnyaaaa.
Jenis memori RAM juga bermacam-macam dari sudut kerja dan desainnya (module). Pada umumnya jenis RAM notebook menggunakan module SODIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module). Jadi, bila ingin membeli memori RAM untuk notebook, pilih tipe SODIMM tergantung yang digunakan di laptop kamu. Begituuu...

Kenapa sih kok RAM perlu di upgrade?
Mengupgrade RAM biasanya dilakukan karena adanya kebutuhan untuk menambah kinerja notebook dan karena adanya persyaratan yang harus dipenuhi untuk menginstal software tertentu. Memang, kecepatan yang diharapkan tidak begitu terasa signifikan. Namun, software bisa berjalan lebih mulus dan cepat daripada sebelumnya. Apalagi bila sedang menggunakan aplikasi yang berat seperti pengolah video/audio/grafik. Selain itu, upgradeRAM juga diperlukan bila instalasi sebuah software mengharuskannya. Sebagai contoh, untuk menginstal sistem operasi Windows Vista Home Edition dibutuhkan RAM sebesar 512 MB. Jadi, bila notebook hanya memiliki RAM sebesar 256 MB, proses instalasi akan terhenti dengan pesan memori RAM kurang. Faktor lain adalah karena mengupgrade memori RAM laptop paling mudah dilakukan. Lokasi memori RAM terpasang sangat mudah diakses/dijangkau. Kita hanya membutuhkan obeng kembang saja.

Untuk yang selanjutnya nanti kita akan membahas masalah praktek penggantian RAM SODIMM laptop atau notebook. karena saya belum ada gambar untuk di jadikan contoh jadi artikel ini terpaksa di bagi menjadi dua bagian. Di bagian 2 nanti yang menjadi contoh penggantian RAM adalah laptop acer aspire 5920G milik saya sendiri yang sudah saya upgrade RAMnya menjadi 4gb. tunggu kelanjutannya yaaa.....

0 komentar:

Posting Komentar

4000 TV channels
Download TV Software. It's safe to install.
Safe to install software
Download TV Software. It's safe to install.
Number one rated software